RSS

Sekilas Tentang Komputer


BAB I

PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang

Seiring berjalannya waktu, manusia mampu berfikir secara luas. Dari masa ke masa pemikiran manusia mengalami banyak perubahan ke arah yang positif. Mulai dari hal yang kecil sampai pada hal besar. Termasuk pada media komunikasi. Era globalisasi mampu memudahkan manusia dalam berbagai hal, salah satunya dalam hal teknologi dan komunikasi. Berawal kurang lebih sejak tahun 2000-an, manusia sudah banyak menciptakan mesin-mesin yang mampu mempermudah mereka dalam berbagai pekerjaan. Komputer dalah salah satu yang menjadi media komunikasi yang sangat penting di era sekarang ini. Sudah hampir semua manusia di dunia ini menggunakan komputer sebagai sarana teknologi untuk mempermudah dalam memecahkan berbagai masalah. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mempelajarinya. Dalam makalah yang kami buat ini, semuanya mencakup beberapa hal mengenai komputer. Selain sebagai salah satu tugas dalam mata kuliah TIK, makalah ini juga penting untuk dibuat dengan berbagai pertimbangan diatas.


1.2  Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah yang kami buat  diantaranya:

1.      Apa yang dimaksud dengan komputer?

2.      Apa fungsi komputer?

3.      Bagaimana sistem komputer?

4.      Bagaimana cara yang benar dan sehat dalam menggunakan komputer?

5.      Bagaimana cara menghidupkan dan mematikan komputer dengan benar?

1.3  Tujuan

Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah:

1.      Untuk mengetahui pengertian komputer

2.      Untuk mengetahui fungsi komputer

3.      Untuk mengetahui sistem komputer

4.      Untuk mengetahui cara yang benar dan sehat dalam menggunakan komputer

5.      Untuk mengetahui cara menghidupkan dan mematikan komputer dengan benar





BAB II

PEMBAHASAN


2.1  Pengertian Komputer

Komputer adalah peralatan elektronik yang digunakan untuk memproses data. Peralatan ini mempunyai empat tempat untuk menyimpan data (internal dan external storage) dan bekerja dengan bantuan Sistem Oprasi seperti DOS (Disk Operating System), Internal Storage dalam dunia komputer diimplementasikan sebagai RAM (Random Access Memory), sedang External Storage dapat berbentuk disket, hardisk, magnetik tape. Dewasa ini komputer mempunyai banyak peranan yang sangat penting dalam membantu manusia untuk memecahkan berbagai masalah mulai dari pengolah kata (Program Word Star, Chi Writer, Word Perfect, Framework, Winword dan sebagainya). Perhitungan bisnis, atau analisis (Program Lotus, Supercalc, Shympony, Exel) serta prograam aplikasi lain dan dapat digunakan sebagai sarana hiburan seperti permainan game.

Ditinjau dari segi kemampuan memori yang dapat ditangani, maka komputer dapat dibagi dalam 3 yaitu:

a). Mikro komputer

b). Mini komputer

c). Main frame komputer

            komputer berasal dari bahasa latin ‘Computare’atau dalam bahasa Inggris ‘to compute’ yang artinya menghitung. Definisi komputer ialah serangkaian mesin-mesin elektronik yang bekerja bersama-sama berdasar aturan main dalam sistem oprasi dan terhadap intruksi atau perintah yang diberikan untuk mengolah data agar menghasilkan informasi. Ringkasnya, komputer berarti peralatan untuk menyalurkan menyimpan dan mengolah data dan mengeluarkannya dalam bentuk informasi.

Jenis komputer:

Berdasarkan kapasitas bentuk fisik

  1. Kalkulator

  1. Komputer skala kecil (IBM PC)

  1. Komputer skala menengah (LAN=Local Areal Network)

  1. Komputer skala besar

Berdasarkan jenis data-datanya:

  1. Digital : data numerik, misal kalkulator

  1. Analog : data fisik, misal termometer, timbangan beras

  1. Hybrid : data campuran, mesal agrometer taxi, pompa bensin

Berdasarkan kegunaan:

  1. Spesial purpose : untuk keperluan khusus, misal, analisa darah di rumah sakit

  1. General purpose : untuk keperluan umum

Berdasarkan bidang kerja:

  1. Bisnis dan keuangan (misal bank)

  1. Ilmiyah dan rekayasa (misal di pabrik pesawat terbang)

  1. Pengendalian proses (misal di pabrik semen).

(Daryanto, 2001:1-3)

2.2  Fungsi Komputer

Pada zaman sekarang bila seseorang tidak mengerti komputer dibilang ketinggalan zaman, Kuno dan gaptek. Sementara di bidang pekerjaan semua orang di tuntut untuk mengerti menggunakan komputer, karena komputer merupakan sarana mempermudah dan mempercepat proses pekerjaan.

Setiap orang memiliki alasan yang berbeda bila mereka di tanya tentang apa fungsinya komputer, jawaban mereka antara lain :

  1. Mempermudah pekerjaan.

  1. Sebagai Alat komunikasi

  1. Sebagai alat untuk hiburan

Sebagian besar orang akan menjawab 3 alasan diatas. Juga banyak orang tua yang di lahirkan pada zaman tempo dulu tidak mengerti sama sekali manfaat komputer, sehingga mereka tidak menganggap komputer itu penting dan hasilnya pada generasi penerusnyapun mereka tidak menekankan atau mendidik anak-anak mereka untuk dan harus mengerti bidang komputer.

Di dalam dunia komputer semua hal, semua bidang mata pelajaran, perkuliahan dan usaha ada di komputer, bahkan pendidikan dan ilmu pengetahuan lebih komplit bila diperoleh dari komputer dengan media Internet dibandingkan dengan pelajaran atau Ilmu yang di dapatkan dari Sekolah.

Sekarang mari kita bahas apa fungsi dan manfaat komputer bagi kita :

1. Komputer sebagai sarana mempermudah kerja :

Dengan komputer banyak pekerjaan yang dapat di selesaikan dengan mudah, bila dahulu orang mengetik surat harus dengan mesin tik, dan bila ada kesalahan maka kertas tersebut akan di sobek dan di ketik ulang kembali, selain itu dengan mesin tik dokumen yang telah di ketik tidak dapat di edit kembali, sementara dengan menggunakan komputer kita dapat mengetik dokumen, mengedit dan menyimpan dokumen tersebut untuk dapat di edit berulang-ulang.

2. Kompter Sebagai Sarana Komunikasi

Zaman dahulu bila berkomunikasi dengan seseorang yang berada jauh dari kita, kita dapat menggunakan fasilitas telepon, tapi itu kita hanya mendengar suara teman atau saudara kita. Dengan komputer kita dapat :

a.       Berbicara dengan teman atau saudara kita

  1. Sambil bicara kita bisa melihat mereka dengan menggunakan Webcam

  1. Dapat menuliskan kata-kata kita kepada mereka (Chating)

  1. Juga kita dapat menulis surat kepada mereka (Email)

  1. Kita dapat mengirim gambar atau file kepada mereka dll

3. Komputer sebagai Alat Hiburan

Dahulu alat hiburan kita hanyalah Radio, tape, Televisi dan jalan-jalan untuk mengetahui kondisi dan situasi dari satu wilayah. Dengan komputer kita dapat mengghibur dirikita dengan berbagai fasilitas yang terdapat pada komputer antara lain :

a.       Mendenar lagu-lagu atau musik melalui CD/DVD atau melalui Internet

  1. Menonton Vidoe lewat kaset CD/DVD atau melalui Internet

  1. Bermain Game, dengan aplikasi game yang kita Install sendiri atau Game online dengan Internet.

  1. Berhubungan dengan teman melalui fasilitas Chating, atau Webcam

  1. Nonton TV, dari saluran TV Reciver yang kita pasang pada komputer atau melalui TV Chanel Online dengan Internet

4. Komputer Sebagai Alat Pendidikan

Dahulu fasilitas pendidikan hanya kita peroleh melalui Sekolah, dan selain di sekolah informasi pendidikan dapat kita peroleh melalui media Radio, Televisi, Koran, dan tempat-tempat kursus. Dengan menggunakan Komputer yang terhubung dengan Internet ataupun tidak kita dapat memperoleh pendidikan dan Ilmu pengetahuan, antara lain :

a.       Dari aplikasi yang kita Install. Setiap aplikasi yang kita install pasti ada menu bantuannya (Help) yaitu tutorial cara menggunakan program dan pelatihan.

  1. Aplikasi yang kita Install dapat membuat kita menjadi ahli dalam beberapa bidang seperti : Adobe photoshope, dengan aplikasi ini kita bisa menjadi seorang yang mahir bidang grafis, Power Point ; dengan aplikasi ini kita menjadi seorang yang mahir di bidang persentasi, Autocad ; dengan aplikasi ini kita bisa menjadi seorang yang mahir di bidang disain arsitektur dll.

  1. Selain dari aplikasi yang kita install, bila kita terhubung dengan Internet kita dapa memperoleh pendidikan atau Ilmu pengetahuan seperti : Sejarah, Kebudayaan, Matematika, Sosial, Biologi, Kedokteran atau Kesehatan, Ekonomi, Politik, Website Designe, Bahasa (segala Bahasa dapat di peroleh), pengetahuan Agama dll.

5. Komputer Sebagai Sarana Informasi

Dengan komputer kita dapat melihat atau memperoleh informasi yang kita butuhkan seperti :

a.       Informasi pendidikan, Tempat-tempat Pendidikan

  1. Informasi Hiburan, mencari tempat-tempat Hiburan

  1. Informasi Travel, mencari dan memesan tiket transprotasi

  1. Informasi Produk, mencari produk yang kita inginkan.

  1. Informasi Pekerjaan, menjari lowongan kerja.

  1. Informasi Berita, mencari kejadian atau berita dalam dan luar negeri

  1. Informasi Cuaca, mengetahui keadaan cuaca saat ini

  1. Informasi Lalulintas, mengetahui situasi lalulintas

  1. Informasi Kesehatan, mencari tips kesehatan serta tempat2 untuk pengobatan.

  1. Informasi Politik

  1. Informasi Perdagangan

  1. Informasi Usaha, mencari peluang untuk membuka usaha

  1. dan masih banyak lagi informasi yang dapat kita peroleh dari Komputer yang terhubung dengan Internet.

6. Komputer Sebagai Sarana Usaha

Selain untuk komunikasi, Mempermudah pekerjaan, serta alat hiburan, komputer juga dapat dipergunakan sebagai alat untuk melakukan banyak usaha yang mendatangkan penghasilan bagi kita antara lain :

a.       Membuat Rental Komputer

  1. Membuat Warnet

  1. Membuat Usaha percetakan

  1. Membuat usaha Vidoe Editing

  1. Membuat Usaha Ringtone dan Wallpaper ke Hp

  1. Membuat Usaha Sablon

  1. Membuat usaha Service dan Install Komputer Software

  1. Membuka usaha Disain Arsitektur.

  1. Membuka Usaha disain Grafis untuk periklanan

  1. Membuka Usaha disain Website

  1. Membuka Usaha programer akounting dan keuangan

  1. Membuka Usaha Kursus Komputer

  1. Membuat Jasa Website sebagai media Informasi

  1. Mengarang dan membuat buku Online yang dapat di jual

  1. dll

7. Komputer Sebagai Sarana Kontrol

Dibeberapa pabrik, Perhotelan, dan perusahaan banyak komputer dipergunakan sebagai sarana untuk mengontrol atau mengoperasikan system seperti :

a.       Mengontrol kamera security

  1. Mengontrol pengoperasian mesin Robot pabrik

  1. Mengontrol Escalator

  1. Pengontorlan pencahayaan untuk lampu Studio rekaman

  1. Pengontrolan peralatan Editing Video

  1. Pengontrolan tata lampu traffic jalan

  1. Pengontrolan system jaringan Network

  1. dll

Tapi dari segala hal-hal yang positip yang dapat diperoleh dari komputer, banyak sisi negatif yang di timbulkan oleh pengguna komputer antara lain :

  1. Dengan adanya fasilitas komputer sebagai alat hiburan seperti chating dan game, orang banyak yang terlena sehingga mereka lupa terhadap tugas dan tanggung jawap mereka, seperti belajar, bekerja dll.

  1. Dengan mengakses situs2 yang menampilkan gambar serta video porno dapat merusak akhlak seseorang.

  1. Banyak terjadi aksi penipuan dengan membuat Website untuk mendapatkan uang secara mudah.

  1. Programer yang terkenal dengan sebutan Hacker, yang dapat mengambil data seseorang untuk diperjual belikan, serta dapat merusak system orang.

Tapi kesemuanya itu baik dan buruknya fungsi komputer tergantung kepada si pemakainya, dan saya yakin bahwa komputer di ciptakan bukanlah untuk membuat hal yang buruk, tetapi untuk membantu manusia dalam mempermudah segala bidang pekerjaan.


2.3 Sistem Komputer

            Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input,  menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi). Selain  itu, sistem komputer juga dapat diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Komputer dapat membantu manusia dalam pekerjaan sehari-harinya seperti, pengolahan kata, pengolahan angka dan gambar. Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusia (brainware), perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).

1.      Perangkat keras (Hardware)

Perangkat keras adalah peralatan dalam sistem komputer yang secara fisik dapat dilihat atau dijamah. Komponen utama perangkat keras sistem komputer yaitu:

a.       Unit masukan, yaitu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah kedalam komputer. Unit masukan ini terdiri dari alat masukan langsung dan alat masukan tidak langsung. Contoh: Keyboard, Mouse, Scanner, Diskdrive, Touchscreen, Light pen, OCR, OMR, Barcodereader, Sensor dll.

b.      Unit pusat pengolah/Central Processing Unit/CPU, merupakan otak sistem komputer. CPU merupakan tempat untuk mengolah intruksi program yang pada komputer ukuran mikro disebut sebagai micro prosesor berbentuk chip yang tersusun mulai dari ribuan hingga jutaan integrated circuit/ IC.

c.       Unit keluaran adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan/mencetak keluaran sebagai hasil pengolahan data. Alat keluara ini terdiri atas: hard copy device, sofcopy device, drive device. Contoh, printer, plotter, monitor, speaker, LCD monitor dll.

d.      Media penyimpanan (memori) digunakan untuk menyimpan data, informasi dan program pengolah. Memori dibedakan menjadi dua, yaitu memori internal dan memori external. Memori internal berupa RAM (Random Access Memori) yang berfungsi untuk menyimpan program yang diolah untuk sementara waktu. Dan ROM (Read Only Memori) yaitu memori yang bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan. Sedangkan memori external merupakan memori yang terpisah dengan bagian unit pusat pengolah.


2.      Perangkat Lunak (Software)

Perangakat lunak terdiri atas tiga kelompok yakni sebagai berikut:

a.       Sistem oprasi atau Operating Sistem/OS adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengendalikan resourcees selama proses berlangsung. Fungsi sistem oprasi adalah mengalokasikan memori dan pekerjaan dan penjadwalan pekerjaan.

b.      Bahasa pemprograman/Programing Lenguage, merupakan perangkat lunak yang digunakan sebagai alat untuk pengembengan program aplikasi. Level atau generasi bahasa pemprograman komputer dikenal dengan 4G1, yaitu:

1.      Bahasa mesin (machine language), hanya akan dikenal oleh mesin-mesin komputer (processor atau central processing unit/CPU) yang sama.

2.      Bahasa rakitan (assembly language) merupakan bahasa yang ada diantara level bahasa mesin dan bahasa pemprograman tingkat tinggi. Contoh bahasa rakitan adalah bahasa assembler.

3.      Bahasa pemprograman tingkat tinggi (programing language) merupakan bahasa yang mudah difahami oleh orang awam. Setiap bahasa pemprograman tersebut mempunyai unggulan dan kelemahan, sesuai dengan orientasi dan tujuan pengembangannya.

c.       Bahasa query (query language), merupakan perangkat lunak bahasa tingkat sangat tinggi yang dapat digunakan untuk menampilkan informasi-informasi yang diinginkan hanya dengan menuliskan sedikit perintah saja. Contoh bahasa query yang telah tersedia adalah SQL (Structured Query Language) yang dimiliki oleh sebagian besarpaket perangkat lunak pengelolaan basis data.

d.      Aplikasi merupakan perangkat lunak yang dikembangkan untuk digunakan pada aplikasi tertentu. Contoh program aplikasi adalah: GL, MYOB, Payroll dll.

3.      Manusia (Brainware)

Brainware merupakan personal-personal yang terlibat  dalam sistem komputer yaitu meliputi operator, programer, sistem analist, manager sistem informasi, manager pada tingkat operasional, manager pada tingkat strategis, teknisi, administrator basis data (database administrator/DBA), serta operasional lain yang terlibat.


2.4  Cara yang Benar dan Sehat dalam Menggunakan Komputer

Cara menggunakan komputer agar terhindar dari bahaya yaitu pertama, pandangan kepada kita untuk menggunakan komputer dengan baik dan benar, pandangan mata disarankan agar monitor memiliki layar anti silau atau bisa memakai kacamata berwarna. Kedua, posisi tubuh siku dan lutut membentuk sudut 90’ dan duduk harus tegak. Keyboard harus sama tingginya dengan siku sehingga lengan dan jemari mengurangi ketegangan otot dan persendian. Apabila kursi tersebut tinggi kita dapat memanfaatkan penyangga kaki. Ketiga, letak pergelangan tangan, jemari tangan dan tangan dalam keadaan santai, tidak melengkung dan tegang.

1.      Monitor

Monitor komputer pada umumnya menggunakan tabung gambar (CRT) yang dapat memancarkan intensitas cahaya cukup tinggi untuk diterima oleh mata manusia. Oleh karena itu, bagian dari perangkat ini harus memiliki layar anti radiasi, agar mata terhindar dari kerusakan,Untuk mengurangi keluhan pada mata, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan

a.       Letakkan monitor sedemikian rupa diruangan sehingga layar monitor tidak memantulkan cahaya dari sumber cahaya lain.

b.      Letakkanlah monitor lebiih rendah dari garis hoizontal mata, agar tidak mengadah atau menunduk.

c.       Aturlah cahaya monitor agar tidak terlalu terang dan gelap

Sering-seringlah mengedipkan mata untuk menjaga mata tidak kering. Sesekali memandang jauh ke luar ruangan.


2. CPU ( Central Processing Unit )

a.       Bagian dari perangkat komputer ini tidak boleh langsung bersentuhan dengan tangan (basah) karena aliran listrik yang ada pada CPU dapat menyengat manusia.
Tangan yang basah baik oleh air atau keringat tidak boleh langsung bersentuhan dengan CPU.

b.      Aliran listrik yang ada pada CPU dapat menimbulkan sengatan.


3. Kabel Komputer

Bagian dari perangkat komputer ini harus dihindari dari air, karena dapat menyebabkan hubungan singkat (korsleting). Hubungan singkat ini dapat mengakibatkan kebakaran.

4. Keyboard

Penelitian menunjukan bahwa posisi keyboard merupakan salah satu factor penyebab nyeri otot dan persendian. Penyebab nyeri otot dan tulang yang disebabkan oleh keyboard adalah penggunaan jari-jari tertentu saja dalam waktu yang lama.

Hindari tumpahnya air pada keyboard yang dapat menyebabkan:

a. Keyboard hang / rusak

b. Keyboard berlumut kekuning-kuningn dan tidak indah

c. Hubungan singkat.


5. Pandangan MataUntuk mengurangi rasa sakit pada mata akibat pandanagn fokus ke layar monitor memiliki layar anti silau atau memakai kacamata berwarna.


6. Posisi tubuh / posisi duduk

• Posisi tubuh kurang tepat membuat kurang nyaman

• Posisi kaki dapat menyanggah lantai

• Siku dan Lutut membentuk sudut 90 derajat

• Duduk tegak

• Keyboard sama tinggi dengan siku agar gerakan tangan dan jemari dapat
mengurangi ketegangan otot dan persendian

7. Letak Pergelangan Tangan, Jemari tangan dan Lengan

• Pastikan pergelangan tangan, jemari tangan dan lengan dalam keadaan santai, tidak melangkung dan tegang

• Letak posisi yang benar dapat terhindar dari penyakit radang sendi (Repetitive strain Injury-RSI)

8. Beristirahat

Beristirahatlah selama 10 menit setelah berkerja 1 jam di depan komputer agar mata dan organ tubuh lainya juga beristirahat. Teknologi memudahkan kehidupan manusia, komputer kecil atau portable seperti notebook (laptop/netbook) sudah menjadi perangkat umum sering digunakan oleh masyarakat. Tetapi ternyata ada penelitian bahwa posisi perangkat seperti notebook bisa membahayakan kesehatan. Ukuran notebook yang kecil membuat pengguna harus terus menunduk. Bahkan posisi duduk yang tidak berubah dengan menyesuaikan sudut pandang dapat menyakiti 3 sisi dari tulang tubuh manusia

Posisi yang salah akan menyebabkan rasa sakit, dengan posisi layar monitor notebook lebih rendah dari kepala dan tangan harus lebih tinggi untuk mengetik umumnya dapat membuat sakit di 3 titik yaitu persendian tangan, tulang punggung dan tulang leher.Posisi yang benar adalah mata harus sejajar dengan layar computer atau notebook sehingga tulang leher dan tulang punggung tidak terlalu membungkuk. Mengukur sudut pandang terbaik pada monitor adalah dengan meluruskan tangan kearah monitor dan titik jari berada ditengah layar monitor ataupun notebook

Untuk tangan harus membentuk sudut 90 derajat. Pilihan bagi pemakai notebook, sebaiknya mengunakan adaptor pada keyboard untuk dihubungkan dengan keyboard ukuran besar dan tidak mengunakan keyboard dari notebook. Posisi notebook juga harus dinaikan agar sejajar dengan mata penguna.


2.5  Cara Menghidupkan dan Mematikan Komputer dengan Benar

Terkadang karena lupa atau memang tidak tahu kita melakukan prosedur yang masuk ke dalam kategori Bad Habbit (kelakuan buruk) yang tentunya dapat merusak komputer kita. Cara menghidupkan dan mematikan komputer yang salah bisa menyebabkan beberapa masalah seperti Komputer sering Hang, loading lama, bisa merusak hardware, dan masalah-masalah lainnya. Jadi agar komputer kita tetap awet mari kita segera rubah kebiasaan buruk kita yang tentunya akan merugikan diri kita sendiri. Yuk mari kita belajar cara menghidupkan dan mematikan komputer yang baik dan benar.

Cara benar menghidupkan komputer.

  1. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah memastikan semua colokan/kabel komputer terpasang dengan baik dan benar

  1. Setelah itu colokan kabel pada stop kontak

  1. Hidupkan Stabilizer (jika komputer Anda memakai peralatan ini)

  1. Hidupkan CPU  dan monitor

  1. Tunggu sampai komputer Booting

  1. Setelah selesai melakukan Booting(ditandai dengan muncul desktop komputer) maka komputer siap untuk digunakan.

Cara benar mematikan komputer.

  1. Tutup semua aplikasi yang sedang digunakan

  1. Klik menu start, kemudian pilih Shutdown

  1. Kemudian klik OK

  1. Tunggu sampai muncul tampilan ‘windows is shutting down’.

  1. Setelah komputer benar-benar mati, tekan tombol OFF pada CPU, Monitor dan Stabilizer (penstabil tegangan)

  1. Setelah itu baru cabut kabel dari stop kontak. Hal ini bertujuan untuk menghemat daya dan mengantisipasi korsleting.

Langkah-langkah di atas harus Anda kerjakan secara berurutan. Mematikan Komputer dengan baik dan benar bisa memperpanjang usia pemakaian komputer Anda. Selain itu komputer Anda juga akan selalu fresh dan jarang bermasalah. Jika dirasa perlu Anda bisa menuliskan langkah-langkah di atas pada secarik kertas kemudian tempelkan kertas tersebut di sekitar komputer Anda.




BAB III

PENUTUP

3.1  Kesimpulan  

Komputer merupakan kumpulan alat elektronik yang tersusun menjadi rangkaian membentuk sebuah mesin berteknologi dengan kontrol sistem oprasi disertai program-program yang mampu menerima dan menyimpan data, melakukan pengolahan dan memberikan hasil dalam bentuk informasi sesuai prose.

Komputer memiliki banyak fungsi, diantaranya ialah untuk mempermudah manusia dalam melakukan pekerjaan. Beberapa sistem komputer yaitu, Hardware, Sofware dan Brainware. Selain itu kita harus memperhatikan bagaimana cara menggunakan komputer agar tidak merusak kesehatan.

3.2  Saran

Komputer sudah menjadi kebutuhan penting dikalangan masyarakat terutama mahasiswa sebagai sarana mempermudah pekerjaan sehari-hari. Dari beberapa referensi diatas sangat penting kita praktekan. Namun tentunya masih banyak hal-hal lain tentang komputer yang belum kami suguhkan disini. Oleh karena itu kami berharap pembaca mampu mengembangkan bahan makalah yang lebih baik lagi kedepannya.



DAFTAR PUSTAKA


Daryanto. 2006. Pengenalan dan Pengoprasian Komputer. Jakarta:Pedoman Ilmu Jaya

Sutanta, Edhi. 2005. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta:Graha Ilmu.

























  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Unknown mengatakan...

anak kuliahan makalahnya.... :)

Unknown mengatakan...

apa koe?????? haha

Posting Komentar