BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Seiring
berjalannya waktu, manusia mampu berfikir secara luas. Dari masa ke masa
pemikiran manusia mengalami banyak perubahan ke arah yang positif. Mulai dari
hal yang kecil sampai pada hal besar. Termasuk pada media komunikasi. Era
globalisasi mampu memudahkan manusia dalam berbagai hal, salah satunya dalam
hal teknologi dan komunikasi. Berawal kurang lebih sejak tahun 2000-an, manusia
sudah banyak menciptakan mesin-mesin yang mampu mempermudah mereka dalam berbagai
pekerjaan. Komputer dalah salah satu yang menjadi media komunikasi yang sangat
penting di era sekarang ini. Sudah hampir semua manusia di dunia ini
menggunakan komputer sebagai sarana teknologi untuk mempermudah dalam
memecahkan berbagai masalah. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk
mempelajarinya. Dalam makalah yang kami buat ini, semuanya mencakup beberapa
hal mengenai komputer. Selain sebagai salah satu tugas dalam mata kuliah TIK,
makalah ini juga penting untuk dibuat dengan berbagai pertimbangan diatas.
1.2 Rumusan
Masalah
Adapun rumusan
masalah yang kami buat diantaranya:
1. Apa
yang dimaksud dengan komputer?
2. Apa
fungsi komputer?
3. Bagaimana
sistem komputer?
4. Bagaimana
cara yang benar dan sehat dalam menggunakan komputer?
5. Bagaimana
cara menghidupkan dan mematikan komputer dengan benar?
1.3 Tujuan
Adapun tujuan
penulisan makalah ini adalah:
1. Untuk
mengetahui pengertian komputer
2. Untuk
mengetahui fungsi komputer
3. Untuk
mengetahui sistem komputer
4. Untuk
mengetahui cara yang benar dan sehat dalam menggunakan komputer
5. Untuk
mengetahui cara menghidupkan dan mematikan komputer dengan benar
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian
Komputer
Komputer adalah
peralatan elektronik yang digunakan untuk memproses data. Peralatan ini
mempunyai empat tempat untuk menyimpan data (internal dan external storage) dan
bekerja dengan bantuan Sistem Oprasi seperti DOS (Disk Operating System),
Internal Storage dalam dunia komputer diimplementasikan sebagai RAM (Random
Access Memory), sedang External Storage dapat berbentuk disket, hardisk,
magnetik tape. Dewasa ini komputer mempunyai banyak peranan yang sangat penting
dalam membantu manusia untuk memecahkan berbagai masalah mulai dari pengolah
kata (Program Word Star, Chi Writer, Word Perfect, Framework, Winword dan
sebagainya). Perhitungan bisnis, atau analisis (Program Lotus, Supercalc,
Shympony, Exel) serta prograam aplikasi lain dan dapat digunakan sebagai sarana
hiburan seperti permainan game.
Ditinjau dari
segi kemampuan memori yang dapat ditangani, maka komputer dapat dibagi dalam 3
yaitu:
a). Mikro komputer
b). Mini komputer
c). Main frame komputer
komputer berasal
dari bahasa latin ‘Computare’atau dalam bahasa Inggris ‘to compute’ yang
artinya menghitung. Definisi komputer ialah serangkaian mesin-mesin elektronik
yang bekerja bersama-sama berdasar aturan main dalam sistem oprasi dan terhadap
intruksi atau perintah yang diberikan untuk mengolah data agar menghasilkan
informasi. Ringkasnya, komputer berarti peralatan untuk menyalurkan menyimpan
dan mengolah data dan mengeluarkannya dalam bentuk informasi.
Jenis komputer:
Berdasarkan kapasitas bentuk fisik
Kalkulator
Komputer
skala kecil (IBM PC)
Komputer
skala menengah (LAN=Local Areal Network)
Komputer
skala besar
Berdasarkan jenis data-datanya:
Digital :
data numerik, misal kalkulator
Analog :
data fisik, misal termometer, timbangan beras
Hybrid :
data campuran, mesal agrometer taxi, pompa bensin
Berdasarkan kegunaan:
Spesial
purpose : untuk keperluan khusus, misal, analisa darah di rumah sakit
General
purpose : untuk keperluan umum
Berdasarkan bidang kerja:
Bisnis dan
keuangan (misal bank)
Ilmiyah
dan rekayasa (misal di pabrik pesawat terbang)
Pengendalian
proses (misal di pabrik semen).
(Daryanto, 2001:1-3)
2.2 Fungsi
Komputer
Pada zaman sekarang bila seseorang tidak
mengerti komputer dibilang ketinggalan zaman, Kuno dan gaptek. Sementara di
bidang pekerjaan semua orang di tuntut untuk mengerti menggunakan komputer,
karena komputer merupakan sarana mempermudah dan mempercepat proses pekerjaan.
Setiap
orang memiliki alasan yang berbeda bila mereka di tanya tentang apa fungsinya
komputer, jawaban mereka antara lain :
Mempermudah
pekerjaan.
Sebagai
Alat komunikasi
Sebagai
alat untuk hiburan
Sebagian besar orang akan menjawab 3 alasan
diatas. Juga banyak orang tua yang di lahirkan pada zaman tempo dulu tidak
mengerti sama sekali manfaat komputer, sehingga mereka tidak menganggap
komputer itu penting dan hasilnya pada generasi penerusnyapun mereka tidak
menekankan atau mendidik anak-anak mereka untuk dan harus mengerti bidang
komputer.
Di dalam dunia komputer semua hal, semua bidang
mata pelajaran, perkuliahan dan usaha ada di komputer, bahkan pendidikan dan
ilmu pengetahuan lebih komplit bila diperoleh dari komputer dengan media
Internet dibandingkan dengan pelajaran atau Ilmu yang di dapatkan dari Sekolah.
Sekarang
mari kita bahas apa fungsi dan manfaat komputer bagi kita :
1.
Komputer sebagai sarana mempermudah kerja :
Dengan komputer banyak pekerjaan yang dapat di
selesaikan dengan mudah, bila dahulu orang mengetik surat harus dengan mesin
tik, dan bila ada kesalahan maka kertas tersebut akan di sobek dan di ketik
ulang kembali, selain itu dengan mesin tik dokumen yang telah di ketik tidak
dapat di edit kembali, sementara dengan menggunakan komputer kita dapat
mengetik dokumen, mengedit dan menyimpan dokumen tersebut untuk dapat di edit
berulang-ulang.
2.
Kompter Sebagai Sarana Komunikasi
Zaman dahulu bila berkomunikasi dengan
seseorang yang berada jauh dari kita, kita dapat menggunakan fasilitas telepon,
tapi itu kita hanya mendengar suara teman atau saudara kita. Dengan komputer
kita dapat :
a. Berbicara
dengan teman atau saudara kita
Sambil
bicara kita bisa melihat mereka dengan menggunakan Webcam
Dapat
menuliskan kata-kata kita kepada mereka (Chating)
Juga kita
dapat menulis surat kepada mereka (Email)
Kita dapat
mengirim gambar atau file kepada mereka dll
3.
Komputer sebagai Alat Hiburan
Dahulu alat hiburan kita hanyalah Radio, tape,
Televisi dan jalan-jalan untuk mengetahui kondisi dan situasi dari satu
wilayah. Dengan komputer kita dapat mengghibur dirikita dengan berbagai
fasilitas yang terdapat pada komputer antara lain :
a. Mendenar
lagu-lagu atau musik melalui CD/DVD atau melalui Internet
Menonton
Vidoe lewat kaset CD/DVD atau melalui Internet
Bermain Game,
dengan aplikasi game yang kita Install sendiri atau Game online dengan
Internet.
Berhubungan
dengan teman melalui fasilitas Chating, atau Webcam
Nonton TV,
dari saluran TV Reciver yang kita pasang pada komputer atau melalui TV
Chanel Online dengan Internet
4.
Komputer Sebagai Alat Pendidikan
Dahulu fasilitas pendidikan hanya kita peroleh
melalui Sekolah, dan selain di sekolah informasi pendidikan dapat kita peroleh
melalui media Radio, Televisi, Koran, dan tempat-tempat kursus. Dengan
menggunakan Komputer yang terhubung dengan Internet ataupun tidak kita dapat
memperoleh pendidikan dan Ilmu pengetahuan, antara lain :
a. Dari aplikasi
yang kita Install. Setiap aplikasi yang kita install pasti ada menu bantuannya
(Help) yaitu tutorial cara menggunakan program dan pelatihan.
Aplikasi
yang kita Install dapat membuat kita menjadi ahli dalam beberapa bidang
seperti : Adobe photoshope, dengan
aplikasi ini kita bisa menjadi seorang yang mahir bidang grafis, Power
Point ; dengan aplikasi ini kita menjadi seorang yang
mahir di bidang persentasi, Autocad ;
dengan aplikasi ini kita bisa menjadi seorang yang mahir di bidang disain
arsitektur dll.
Selain
dari aplikasi yang kita install, bila kita terhubung dengan Internet kita
dapa memperoleh pendidikan atau Ilmu pengetahuan seperti : Sejarah,
Kebudayaan, Matematika, Sosial, Biologi, Kedokteran atau Kesehatan,
Ekonomi, Politik, Website Designe, Bahasa (segala Bahasa dapat di
peroleh), pengetahuan Agama dll.
5.
Komputer Sebagai Sarana Informasi
Dengan komputer kita dapat melihat atau
memperoleh informasi yang kita butuhkan seperti :
a. Informasi
pendidikan, Tempat-tempat Pendidikan
Informasi
Hiburan, mencari tempat-tempat Hiburan
Informasi
Travel, mencari dan memesan tiket transprotasi
Informasi
Produk, mencari produk yang kita inginkan.
Informasi
Pekerjaan, menjari lowongan kerja.
Informasi
Berita, mencari kejadian atau berita dalam dan luar negeri
Informasi
Cuaca, mengetahui keadaan cuaca saat ini
Informasi
Lalulintas, mengetahui situasi lalulintas
Informasi
Kesehatan, mencari tips kesehatan serta tempat2 untuk pengobatan.
Informasi
Politik
Informasi
Perdagangan
Informasi
Usaha, mencari peluang untuk membuka usaha
dan masih
banyak lagi informasi yang dapat kita peroleh dari Komputer yang terhubung
dengan Internet.
6. Komputer Sebagai Sarana Usaha
Selain untuk komunikasi,
Mempermudah pekerjaan, serta alat hiburan, komputer juga dapat dipergunakan
sebagai alat untuk melakukan banyak usaha yang mendatangkan penghasilan bagi
kita antara lain :
a. Membuat Rental
Komputer
Membuat Warnet
Membuat
Usaha percetakan
Membuat
usaha Vidoe Editing
Membuat
Usaha Ringtone dan Wallpaper ke Hp
Membuat
Usaha Sablon
Membuat
usaha Service dan Install Komputer Software
Membuka
usaha Disain Arsitektur.
Membuka
Usaha disain Grafis untuk periklanan
Membuka
Usaha disain Website
Membuka
Usaha programer akounting dan keuangan
Membuka
Usaha Kursus Komputer
Membuat
Jasa Website sebagai media Informasi
Mengarang
dan membuat buku Online yang dapat di jual
dll
7.
Komputer Sebagai Sarana Kontrol
Dibeberapa pabrik, Perhotelan, dan perusahaan
banyak komputer dipergunakan sebagai sarana untuk mengontrol atau
mengoperasikan system seperti :
a. Mengontrol
kamera security
Mengontrol
pengoperasian mesin Robot pabrik
Mengontrol
Escalator
Pengontorlan
pencahayaan untuk lampu Studio rekaman
Pengontrolan
peralatan Editing Video
Pengontrolan
tata lampu traffic jalan
Pengontrolan
system jaringan Network
dll
Tapi
dari segala hal-hal yang positip yang dapat diperoleh dari komputer, banyak
sisi negatif yang di timbulkan oleh pengguna komputer antara lain :
Dengan
adanya fasilitas komputer sebagai alat hiburan seperti chating dan game,
orang banyak yang terlena sehingga mereka lupa terhadap tugas dan tanggung
jawap mereka, seperti belajar, bekerja dll.
Dengan
mengakses situs2 yang menampilkan gambar serta video porno dapat merusak
akhlak seseorang.
Banyak
terjadi aksi penipuan dengan membuat Website untuk mendapatkan uang secara
mudah.
Programer
yang terkenal dengan sebutan Hacker, yang dapat mengambil data seseorang
untuk diperjual belikan, serta dapat merusak system orang.
Tapi kesemuanya itu baik
dan buruknya fungsi komputer tergantung kepada si pemakainya, dan saya yakin
bahwa komputer di ciptakan bukanlah untuk membuat hal yang buruk, tetapi untuk
membantu manusia dalam mempermudah segala bidang pekerjaan.
2.3 Sistem Komputer
Sistem komputer
adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan
perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses
input, menyimpan perintah-perintah dan
menyediakan output dalam bentuk informasi). Selain itu, sistem komputer juga dapat diartikan
sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan
menggunakan komputer. Komputer dapat membantu manusia dalam pekerjaan
sehari-harinya seperti, pengolahan kata, pengolahan angka dan gambar. Elemen
dari sistem komputer terdiri dari manusia (brainware), perangkat lunak
(software) dan perangkat keras (hardware).
1.
Perangkat keras (Hardware)
Perangkat keras
adalah peralatan dalam sistem komputer yang secara fisik dapat dilihat atau
dijamah. Komponen utama perangkat keras sistem komputer yaitu:
a.
Unit masukan, yaitu perangkat keras
komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah kedalam
komputer. Unit masukan ini terdiri dari alat masukan langsung dan alat masukan
tidak langsung. Contoh: Keyboard, Mouse, Scanner, Diskdrive, Touchscreen,
Light pen, OCR, OMR, Barcodereader, Sensor dll.
b.
Unit pusat pengolah/Central
Processing Unit/CPU, merupakan otak sistem komputer. CPU merupakan tempat untuk
mengolah intruksi program yang pada komputer ukuran mikro disebut sebagai micro
prosesor berbentuk chip yang tersusun mulai dari ribuan hingga jutaan integrated
circuit/ IC.
c.
Unit keluaran adalah perangkat keras
komputer yang berfungsi untuk menampilkan/mencetak keluaran sebagai hasil
pengolahan data. Alat keluara ini terdiri atas: hard copy device, sofcopy
device, drive device. Contoh, printer, plotter, monitor, speaker, LCD
monitor dll.
d.
Media penyimpanan (memori) digunakan
untuk menyimpan data, informasi dan program pengolah. Memori dibedakan menjadi
dua, yaitu memori internal dan memori external. Memori internal berupa RAM
(Random Access Memori) yang berfungsi untuk menyimpan program yang diolah untuk
sementara waktu. Dan ROM (Read Only Memori) yaitu memori yang bisa dibaca dan
berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.
Sedangkan memori external merupakan memori yang terpisah dengan bagian unit
pusat pengolah.
2.
Perangkat Lunak (Software)
Perangakat
lunak terdiri atas tiga kelompok yakni sebagai berikut:
a.
Sistem oprasi atau Operating
Sistem/OS adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengendalikan resourcees
selama proses berlangsung. Fungsi sistem oprasi adalah mengalokasikan memori
dan pekerjaan dan penjadwalan pekerjaan.
b.
Bahasa pemprograman/Programing
Lenguage, merupakan perangkat lunak yang digunakan sebagai alat untuk
pengembengan program aplikasi. Level atau generasi bahasa pemprograman komputer
dikenal dengan 4G1, yaitu:
1.
Bahasa mesin (machine language),
hanya akan dikenal oleh mesin-mesin komputer (processor atau central processing
unit/CPU) yang sama.
2.
Bahasa rakitan (assembly language)
merupakan bahasa yang ada diantara level bahasa mesin dan bahasa pemprograman
tingkat tinggi. Contoh bahasa rakitan adalah bahasa assembler.
3.
Bahasa pemprograman tingkat tinggi
(programing language) merupakan bahasa yang mudah difahami oleh orang awam.
Setiap bahasa pemprograman tersebut mempunyai unggulan dan kelemahan, sesuai
dengan orientasi dan tujuan pengembangannya.
c.
Bahasa query (query language),
merupakan perangkat lunak bahasa tingkat sangat tinggi yang dapat digunakan
untuk menampilkan informasi-informasi yang diinginkan hanya dengan menuliskan
sedikit perintah saja. Contoh bahasa query yang telah tersedia adalah SQL
(Structured Query Language) yang dimiliki oleh sebagian besarpaket perangkat
lunak pengelolaan basis data.
d.
Aplikasi merupakan perangkat lunak
yang dikembangkan untuk digunakan pada aplikasi tertentu. Contoh program
aplikasi adalah: GL, MYOB, Payroll dll.
3.
Manusia (Brainware)
Brainware
merupakan personal-personal yang terlibat
dalam sistem komputer yaitu meliputi operator, programer, sistem analist,
manager sistem informasi, manager pada tingkat operasional, manager pada
tingkat strategis, teknisi, administrator basis data (database
administrator/DBA), serta operasional lain yang terlibat.
2.4 Cara
yang Benar dan Sehat dalam Menggunakan Komputer
Cara menggunakan komputer agar
terhindar dari bahaya yaitu pertama, pandangan kepada kita untuk menggunakan
komputer dengan baik dan benar, pandangan mata disarankan agar monitor memiliki
layar anti silau atau bisa memakai kacamata berwarna. Kedua, posisi tubuh siku
dan lutut membentuk sudut 90’ dan duduk harus tegak. Keyboard harus sama
tingginya dengan siku sehingga lengan dan jemari mengurangi ketegangan otot dan
persendian. Apabila kursi tersebut tinggi kita dapat memanfaatkan penyangga
kaki. Ketiga, letak pergelangan tangan, jemari tangan dan tangan dalam keadaan
santai, tidak melengkung dan tegang.
1. Monitor
Monitor komputer pada umumnya
menggunakan tabung gambar (CRT) yang dapat memancarkan intensitas cahaya cukup
tinggi untuk diterima oleh mata manusia. Oleh karena itu, bagian dari perangkat
ini harus memiliki layar anti radiasi, agar mata terhindar dari kerusakan,Untuk
mengurangi keluhan pada mata, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan
a.
Letakkan monitor sedemikian rupa diruangan sehingga layar
monitor tidak memantulkan cahaya dari sumber cahaya lain.
b.
Letakkanlah monitor lebiih rendah dari garis hoizontal mata,
agar tidak mengadah atau menunduk.
c.
Aturlah cahaya monitor agar tidak terlalu terang dan gelap
Sering-seringlah mengedipkan mata
untuk menjaga mata tidak kering. Sesekali memandang jauh ke luar ruangan.
2. CPU (
Central Processing Unit )
a.
Bagian dari perangkat komputer ini tidak boleh langsung
bersentuhan dengan tangan (basah) karena aliran listrik yang ada pada CPU dapat
menyengat manusia.
Tangan yang basah baik oleh air atau keringat tidak boleh langsung bersentuhan
dengan CPU.
b.
Aliran listrik yang ada pada CPU dapat menimbulkan sengatan.
3. Kabel Komputer
Bagian dari perangkat komputer ini
harus dihindari dari air, karena dapat menyebabkan hubungan singkat
(korsleting). Hubungan singkat ini dapat mengakibatkan kebakaran.
4.
Keyboard
Penelitian menunjukan bahwa posisi
keyboard merupakan salah satu factor penyebab nyeri otot dan persendian.
Penyebab nyeri otot dan tulang yang disebabkan oleh keyboard adalah penggunaan
jari-jari tertentu saja dalam waktu yang lama.
Hindari tumpahnya air pada keyboard yang dapat menyebabkan:
a. Keyboard hang / rusak
b. Keyboard berlumut
kekuning-kuningn dan tidak indah
c. Hubungan singkat.
5. Pandangan MataUntuk mengurangi
rasa sakit pada mata akibat pandanagn fokus ke layar monitor memiliki layar
anti silau atau memakai kacamata berwarna.
6. Posisi
tubuh / posisi duduk
• Posisi
tubuh kurang tepat membuat kurang nyaman
• Posisi
kaki dapat menyanggah lantai
• Siku dan
Lutut membentuk sudut 90 derajat
• Duduk
tegak
• Keyboard
sama tinggi dengan siku agar gerakan tangan dan jemari dapat
mengurangi ketegangan otot dan persendian
7. Letak
Pergelangan Tangan, Jemari tangan dan Lengan
• Pastikan
pergelangan tangan, jemari tangan dan lengan dalam keadaan santai, tidak
melangkung dan tegang
• Letak
posisi yang benar dapat terhindar dari penyakit radang sendi (Repetitive strain
Injury-RSI)
8.
Beristirahat
Beristirahatlah selama 10 menit
setelah berkerja 1 jam di depan komputer agar mata dan organ tubuh lainya juga
beristirahat. Teknologi memudahkan kehidupan manusia, komputer kecil atau
portable seperti notebook (laptop/netbook) sudah menjadi perangkat umum sering
digunakan oleh masyarakat. Tetapi ternyata ada penelitian bahwa posisi
perangkat seperti notebook bisa membahayakan kesehatan. Ukuran notebook yang
kecil membuat pengguna harus terus menunduk. Bahkan posisi duduk yang tidak
berubah dengan menyesuaikan sudut pandang dapat menyakiti 3 sisi dari tulang
tubuh manusia
Posisi yang salah akan menyebabkan
rasa sakit, dengan posisi layar monitor notebook lebih rendah dari kepala dan
tangan harus lebih tinggi untuk mengetik umumnya dapat membuat sakit di 3 titik
yaitu persendian tangan, tulang punggung dan tulang leher.Posisi yang benar
adalah mata harus sejajar dengan layar computer atau notebook sehingga tulang
leher dan tulang punggung tidak terlalu membungkuk. Mengukur sudut pandang
terbaik pada monitor adalah dengan meluruskan tangan kearah monitor dan titik
jari berada ditengah layar monitor ataupun notebook
Untuk tangan harus membentuk sudut
90 derajat. Pilihan bagi pemakai notebook, sebaiknya mengunakan adaptor pada
keyboard untuk dihubungkan dengan keyboard ukuran besar dan tidak mengunakan
keyboard dari notebook. Posisi notebook juga harus dinaikan agar sejajar dengan
mata penguna.
2.5 Cara
Menghidupkan dan Mematikan Komputer dengan Benar
Terkadang
karena lupa atau memang tidak tahu kita melakukan prosedur yang masuk ke dalam
kategori Bad Habbit (kelakuan buruk) yang tentunya dapat merusak komputer kita.
Cara menghidupkan dan mematikan komputer yang salah bisa menyebabkan beberapa
masalah seperti Komputer sering Hang, loading lama, bisa merusak hardware, dan
masalah-masalah lainnya. Jadi agar komputer kita tetap awet mari kita segera
rubah kebiasaan buruk kita yang tentunya akan merugikan diri kita sendiri. Yuk
mari kita belajar cara menghidupkan dan mematikan komputer yang baik dan benar.
Cara benar menghidupkan komputer.
Hal pertama yang harus kita lakukan adalah
memastikan semua colokan/kabel komputer terpasang dengan baik dan benar
Setelah itu colokan kabel pada stop kontak
Hidupkan Stabilizer (jika komputer Anda
memakai peralatan ini)
Hidupkan CPU dan monitor
Tunggu sampai komputer Booting
Setelah selesai melakukan Booting(ditandai
dengan muncul desktop komputer) maka komputer siap untuk digunakan.
Cara benar mematikan komputer.
Tutup semua aplikasi yang sedang digunakan
Klik menu start, kemudian pilih Shutdown
Kemudian klik OK
Tunggu sampai muncul tampilan ‘windows is
shutting down’.
Setelah komputer benar-benar mati, tekan
tombol OFF pada CPU, Monitor dan Stabilizer (penstabil tegangan)
Setelah itu baru cabut kabel dari stop
kontak. Hal ini bertujuan untuk menghemat daya dan mengantisipasi
korsleting.
Langkah-langkah
di atas harus Anda kerjakan secara berurutan. Mematikan Komputer dengan baik
dan benar bisa memperpanjang usia pemakaian komputer Anda. Selain itu komputer
Anda juga akan selalu fresh dan jarang bermasalah. Jika dirasa perlu Anda bisa
menuliskan langkah-langkah di atas pada secarik kertas kemudian tempelkan
kertas tersebut di sekitar komputer Anda.
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Komputer merupakan kumpulan alat elektronik yang tersusun menjadi
rangkaian membentuk sebuah mesin berteknologi dengan kontrol sistem oprasi
disertai program-program yang mampu menerima dan menyimpan data, melakukan
pengolahan dan memberikan hasil dalam bentuk informasi sesuai prose.
Komputer memiliki banyak fungsi, diantaranya ialah untuk
mempermudah manusia dalam melakukan pekerjaan. Beberapa sistem komputer yaitu,
Hardware, Sofware dan Brainware. Selain itu kita harus memperhatikan bagaimana
cara menggunakan komputer agar tidak merusak kesehatan.
3.2 Saran
Komputer sudah
menjadi kebutuhan penting dikalangan masyarakat terutama mahasiswa sebagai
sarana mempermudah pekerjaan sehari-hari. Dari beberapa referensi diatas sangat
penting kita praktekan. Namun tentunya masih banyak hal-hal lain tentang
komputer yang belum kami suguhkan disini. Oleh karena itu kami berharap pembaca
mampu mengembangkan bahan makalah yang lebih baik lagi kedepannya.
DAFTAR PUSTAKA
Daryanto. 2006. Pengenalan dan Pengoprasian Komputer. Jakarta:Pedoman
Ilmu Jaya
Sutanta, Edhi. 2005. Pengantar Teknologi Informasi.
Yogyakarta:Graha Ilmu.
2 komentar:
anak kuliahan makalahnya.... :)
apa koe?????? haha
Posting Komentar